neurOncology

Handphone Karsinogenik?

Suatu grup riset di bawah naungan WHO mengklasifikasikan handphone sebagai karsinogenik kategori 2B, “possible carcinogenic”, yang berarti potensinya menimbulkan kanker sama seperti pestisida DDT dan emisi kendaraan bermotor.

Dr. Jonathan Samet dari International Agency  for Research on Cancer menyatakan bahwa tinjauan studi epidemiologis pada manusia menunjukkan adanya peningkatan risiko glioma dan beberapa tipe kanker ganas pada otak sehubungan dengan penggunaan telepon nirkabel. Penelitian yang dipimpin oleh Seung-Kwon Myung, MD, MS, dari National Cancer Center di Goyang, Korea Selatan menunjukkan adanya hubungan antara  peningkatan risiko tumor dengan penggunaan handphone selama 10 tahun atau lebih.

Sementara itu, temuan terbaru dari Nora Volkow, MD dari National Institute on Drug Abuse di Bethesda, Maryland, menunjukkan adanya perubahan metabolisme glukosa otak pada penggunaan handphone selama 50 menit. Perubahan tersebut dideteksi dengan positron emission tomography (PET) pada area orbitofrontal dan temporal, area yang dekat dengan tempat antena handphone ketika menempel di kepala. Apakah ini berkaitan dengan tumor otak? Dr. Nora Volkow mengatakan bahwa peningkatan metabolisme glukosa tersebut belum diketahui secara pasti arti klinisnya. Akan tetapi Dr. Volkow menyarankan untuk lebih cermat menggunakan handphone, terutama bagi anak, perlu lebih berhati-hati, sebab jaringan saraf mereka masih berkembang.

Dampak radiasi handphone memang masih perlu diteliti lebih lanjut. Selama bertahun-tahun, penelitian menunjukkan hubungan yang inkonsisten antara kanker dan handphone. Bebebrapa studi dikritik karena memiliki “kecacatan” dalam metodenya. Ilmuwan yang berpendapat bahwa handphone tidak memiliki efek samping terhadap kesehatan mengatakan bahwa radiasi yang dipancarkan oleh handphone adalah jenis non-ionisasi sehingga tidak merusak struktur DNA, tidak seperti sinar-X yang bisa meyebabkan keganasan. Bagaimanapun juga, hasil penelitian menunjukkan bahwa otak manusia sensitif terhadap paparan radiasi elektromagnetik seperti yang dipancarkan oleh handphone.

ALARA Principle of Cellphone^^

ALARA, As Low as Reasonably Achievable, teradiasi serendah mungkin. Meskipun riset tentang tumor otak dan handphone masih “inkonklusif”, Dr. Volkow merekomendasikan beberapa tindakan antisipatif sehubungan dengan temuan meningkatnya konsumsi energi pada area otak yang dekat dengan antena handphone. Sebuah artikel dari situs TIME Magazine juga memaparkan tips untuk mengurangi paparan radiasi handphone.

Gunakan headset. Ini adalah cara paling praktis untuk menjauhkan antena dari kepala kita.

Biasakan kirim pesan teks. Daripada menelepon yang menghabiskan pulsa sambil menghabiskan jatah glukosa otak, mending kirim SMS, lebih hemat dan sehat.

Jangan gunakan handphone sebagai alarm. Saat menggunakan HP sebagai alarm, biasanya kita meletakkannya dekat kepala sebelum tidur. Padahal, HP masih memancarkan radiasi walaupun sedang menerima telepon. Jadi, bila tidak ingin otak kita bermandikan radiasi elektromagnetik selama beberapa jam saat kita terlelap, pakailah jam weker.

Jangan bawa handphone di dalam saku. Para dokter dan ilmuwan ternyata tidak hanya mengkhawatirkan keselamatan otak. Beberapa riset dilakukan untuk meyelidiki efek handphone yang biasa diletakkan di saku celana atau case pada sabuk terhadap fertilitas pria; juga efek handphone yang diletakkan di saku dada terhadap risiko kanker payudara. Sebisa mungkin letakkan HP di meja jika tidak digunakan, atau masukkan ke dalam tas jika perlu membawanya berkeliling.

Gunakan radiation-blocking case. Kabarnya, case untuk iPhone dan BlackBerry yang bisa mengurangi radiasi hingga dua pertiga-nya ini sudah tersedia di pasaran. Keampuhannya memblokir radiasi sudah dibuktikan dalam suatu tes independen yang disaksikan oleh Wired Magazine tahun 2009. Harganya dipatok $30 hingga $50.

Referensi:

Susan Jeffrey. Cell Phone Use Affects Brain Glucose Metabolism.

<http://www.medscape.com/viewarticle/737860>

Roxanne Nelson. Cell Phones May Be Linked to Increase in Tumors, But Evidence Still Inconclusive. <http://www.medscape.com/viewarticle/716524>

Bryan Walsh. WHO Says Cell Phone Radiation Is “Possibly Carcinogenic.” Now What? <http://healthland.time.com/2011/05/31/whoiarc-classifies-cell-phone-radiation-as-possibly-carcinogenic-now-what/>

Bryan Walsh. 5 Easy Ways to Reduce Your Cell Phone Exposure. <http://healthland.time.com/2011/02/23/5-easy-ways-to-reduce-your-cell-phone-exposure/>

Meredith Melnick. 6 Common Sources of Radiation In Your Life. <http://healthland.time.com/2010/09/14/do-you-know-how-much-radiation-youre-getting/>

 

About ersifa

i love neurology, photography, architecture, chocolate, music, history, and science. i love studying Al Quran and i'm proud to be a muslim! :)

Discussion

No comments yet.

Leave a comment